Menu Close

Berbagai Jenis Model Batu Alam Terbaru 2019

Berbagai Jenis Model Batu Alam Terbaru 2019

Berbagai jenis model batu alam terbaru 2019 sangat bervariasi. Batu alam merupakan salah satu kekayaan alam yang bisa digunakan sebagai komponen penghias bangunan. Penggunaannya sebagai finishing bangunan memberikan kesan alami (natural) menjadikannya begitu populer. Penggunaan batu alam dapat dilihat di berbagai bangunan sekitar kita seperti pada dinding rumah, taman, maupun kamar mandi.

Ada berbagai jenis model batu alam yang dapat digunakan untuk memperindah ruangan. Tiap-tiap batu alam memiliki keunikan tersendiri. Karena didesain oleh alam, sehingga bentuk dan corak tiap batu alam tidak akan sama. Oleh karena itu, batu alam dapat menghasilkan berbagai macam pola yang unik namun tetap indah.

Saat ini, ada berbagai jenis model batu alam terbaru 2019 yang dapat Anda temui. Tiap jenisnya dibedakan dari proses penciptaannya, tingkat kekerasan, kandungan mineral dan daya serapnya bergantung pada besar kecilnya pori-pori tiap batuan. Sehingga, untuk menemukan jenis batuan apa yang sesuai, bisa jadi cukup membingungkan karena banyaknya model dan jenis batu alam.

Jadi, langkah terbaik sebelum menentukan pilihan Anda, pelajari terlebih dahulu segala hal yang bersangkutan dengan batu alam. Artikel ini akan membantu Anda untuk mempelajari batu alam dari jenisnya, memberikan referensi batu alam apa saja yang sering dipilih dalam membangunan rumah, manfaat batu alam serta tips memilih batu alam.

Jenis Batu Alam

Secara umum, batu alam dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu batu keras dan batu lunak. Disebut batu keras karena usianya yang lebih tua sehingga tingkat kepadatannya tinggi dan porositasnya rendah. Sedangkan batu lunak, karena usianya masih muda menjadikan tingkat kepadatannya rendah dan tingkat porositasnya tinggi. Sehingga batunya masih lebih lunak.

Termasuk pada jenis batu keras antara lain batu andesit, batu sabak, marmer dan granit. Batu andesit memiliki ciri yang dapat dikenali, yaitu berwarna abu-abu atau hitam. Sedangkan batu sabak (slate stone) atau yang lebih dikenal dengan sebutan batu kali ini terbentuk dari intrusi batuan andesit sangat bagus untuk dijadikan komponen pondasi bangunan.

Marmer merupakan salah satu dari berbagai jenis model batu alam terbaru 2019  berupa kristalin kasar yang berasal dari batu gamping. Warna murninya adalah putih. Dan bisa memberikan kesan mewah pada penggunaannya di rumah. Sedangkan granit, yang sekarang mulai terkenal digunakan oleh masyarakat adalah batuan keras yang terbentuk dari batuan beku intrutif yang biasa ditambang dalam bentuk balok-balok besar.

Model batu alam yang termasuk batuan lunak adalah sandstone, limestone dan batu candi. Sandstone atau batu pasir berasal dari endapan butiran pasir yang mengalami perubahan selama bertahun-tahun. Limestone adalah batu gamping yang terbentuk dari pengerasan kapur. Sedangkan batu candi merupakan batuan yang umum digunakan dalam pembuatan candi dan patung.

Batu Alam yang Sering Dipilih dalam Pembangunan Rumah

Mencocokkan batu alam agar sesuai dengan tema dan bentuk rumah bukanlah hal sulit. Apalagi jika rumah mengusung gaya minimalis dengan tema alam. Dinding dari batu alam sering menjadi rujukan karena dapat memberi kesan menarik dan lebih bervariasi. Berikut ini adalah berbagai jenis model batu alam terbaru 2019 yang sering dipilih:

  1. Batu Andesit

Batu andesit merupakan jenis batu alam paling populer. Batu andesit terbuat dari bahan vulkanik, yaitu dari lava yang membeku. Batu ini sangat cocok untuk diaplikasikan di bagian eksterior maupun interior rumah, terutama untuk rumah yang memakai gaya minimalis. Batu alam ini juga memiliki banyak motif dan memiliki permukaan yang halus.

  1. Batu Candi

Batu Candi merupakan jenis batu alam yang cenderung memiliki pori-pori dan warna batu ini pada umumnya bewarna hitam. Batu ini sangat cocok sekali untuk diaplikasikan pada dinding maupun tembok karena dinding atau tembok biasanya sangat rentan terkena lumut.

  1. Batu Paras

Batu paras merupakan jenis batu alam limestone, yang umumnya terdiri dari dua warna yakni putih dan krem. Sifat dasar batu ini memang lebih berpori-pori dan bisa menyerap air. Oleh sebab itu, batu paras cocok sebagai interior rumah dan tidak dianjurkan untuk diaplikasikan di bagian luar rumah karena akan mudah berlumut.

  1. Batu Alam Dinding Templek

Batu alam templek memiliki sifat yang fleksibel karena susunannya yang bersifat acak. Batu ini banyak digemari karena memberikan hasil akhir yang memukau. Batu alam templek cocok diaplikasikan di manapun, baik eksterior maupun interior. Bahkan batu yang memiliki sifat keras dan padat ini bisa tahan cuaca, jamur hingga lumut.

Manfaat Batu Alam

Berbagai jenis model batu alam terbaru 2019 memiliki banyak manfaat dekoratif dan kesehatan. Dari segi dekoratif, batu alam dapat dijadikan komponen penghias bangunan karena bentuknya yang indah. Anda dapat menggunakan batu alam untuk menghias taman. Batu alam dapat digunakan untuk menghias jalan, penghias media tanam dan juga pintu masuk taman.

Batu alam juga dapat digunakan untuk melapisi dinding rumah Anda. Misalnya, penggunaan batu alam seperti batu granit di dapur dapat digunakan untuk melindungi dinding dari kotoran minyak dan panas. Selain itu, penggunaan batu alam juga dapat menjadi trik untuk variasi dinding rumah agar tidak terlihat monoton.

Batu alam seperti marmer dan granit juga dapat memberikan efek sejuk pada ruangan karena batuan tersebut memiliki kemampuan untuk menyerap panas. Ada juga batu akik sulaiman yang dapat menyejukkan ruangan saat suhu udara panas dan juga menaikkan suhu ruangan saat udara terlalu dingin. Sehingga suhu di ruangan Anda bisa lebih hangat.

Berbagai jenis model batu alam terbaru 2019 juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Bila Anda memiliki gangguan sulit tidur atau insomnia, ada beberapa jenis batuan yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda mengatasinya seperti germanium dan tourmaline. Beberapa jenis batu alam juga dapat dimanfaatkan untuk detoksifikasi seperti batu giok, onyx dan quartz.

Tips Memilih Batu Alam

Ada beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih berbagai jenis model batu alam terbaru 2019. Pertama, sesuaikan dengan dengan tema rumah yang ingin diusung, apakah tema minimalis, tradisional modern, gaya eropa atau tema lainnya. Misalnya untuk rumah dengan tema minimalis, gunakanlah batu andesit atau templek yang memiliki warna kalem dan bertekstur polos.

Kedua, perhatikan jenis batu alam. Batu alam terdiri dari dua jenis, yakni solid dan non-solid. Batu alam jenis solid cocok diaplikasikan untuk elemen eksterior dan interior rumah, seperti pacitoroso dan batu andesit. Sedangkan batu berjenis non-solid, seperti batu parasjogja cocok untuk digunakan di ruangan yang terhindar dari sinar matahari langsung.

Ketiga, perhatikanlah bahan yang digunakan. Misalnya saja semen dan coatingnya. Bahan semen yang diaplikasikan pada adonan (spesi) pemasangan batu. Biasanya semakin mahal harga semen, maka akan memberikan hasil yang semakin bagus pula. Coating yang diaplikasikan untuk melindungi batu pada bagian eksteriror juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan berbagai jenis model batu alam terbaru 2019.

Tips terakhir adalah sesuaikan dengan budget. Semakin mahal jenis batu yang dipilih, maka semakin solid pula batu alam tersebut. Desain dan pola pada pemasangan pun juga menentukan harga yang harus dikeluarkan. Maka akan lebih baik jika Anda melakukan survei terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian dan pemasangan batu alam.

Penggunaan batu alam mampu menambah estetika rumah. Anda pun tidak perlu bingung jika ingin membeli batu alam yang diinginkan, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui nomor 085600009995. Artha Candi menyediakan pilihan batu-batu alam terbaik dengan harga yang terjangkau dan pastinya terpercaya. Itulah tadi ulasan mengenai berbagai jenis model batu alam terbaru 2019.

Kontak dan Pemesanan:

ARTHA CANDI BANGKID – Pusat Kerajinan Batu Alam, Salam, Magelang Jawa Tengah

Alamat kami : Dusun Waru RT 2 RW 12 Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang

Telepon / SMS : 087839969995 atau +6285600009995

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *