Menu Close

Desain Rumah Semakin Indah dan Menawan dengan Batu Alam

Desain Rumah Semakin Indah dan Menawan dengan Batu Alam

Desain rumah semakin indah dan menawan dengan batu alam. Mengapa? Hal ini dikarenakan batu alam merupakan bahan konstruksi yang kuno, batu alam tidak pernah usang. Terlebih lagi, memanfaatkan motif batu alam untuk dinding luar atau dekorasi dalam rumah akan memberikan sentuhan keanggunan dan kemewahan di rumah Anda.

Dengan sentuhan batu alam, rumah Anda dapat memeroleh beragam jenis penampilan mulai dari penampilan yang terkesan antik hingga penampilan yang terkesan modern. Kesan tersebut bergantung pada jenis dan warna batu alam yang digunakan serta bagaimana penataannya. Ragam kesan yang dapat diciptakan oleh batu alam ini akhirnya menjadikannya sebagai material primadona.

Desain rumah semakin indah dan menawan dengan batu alam jika diaplikasikan pada rumah dengan gaya minimalis. Terlebih lagi, rumah bertema minimalis mengusung gaya natural yang dekat dengan alam. Dinding batu alam sering dijadikan pilihan karena variasi bahan batu alam memiliki penampilan yang menarik dan indah serta banyak memberi manfaat lainnya.

Batu alam sendiri biasa digunakan sebagai finishing berbagai macam bagian rumah di berbagai ruangan. Selain itu, batu alam juga cocok diterapkan pada berbagai tema hunian. Mulai dari gaya minimalis hingga gaya rustic. Oleh karena itu, tidak heran jika Anda banyak menemukan rumah-rumah di Indonesia yang menggunakan oranamen batu alam.

Desain Rumah Sederhana dengan Batu Alam

Hanya dengan sentuhan batu alam, eksterior Anda pun dapat terkesan klasik ala Mediterania. Anda hanya perlu meletakkan batu-batu berwarna monokrom yang diletakkan secara geometris. Kemudian padukan dengan warna jendela yang gelap. Dengan begitu, eksterior Anda tidak hanya akan tampak seperti hunian klasik ala Mediterania, melainkan juga terlihat cantik dan minimalis.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu membuat seluruh interior rumah Anda bergaya Perancis untuk terlihat elegan. Anda cukup menempelkan aneka batu alam di dinding yang sudah ada seperti di sebagian kecil dapur atau di salah satu sisi ruang tamu. Dengan menggunakan bebatuan interior rumah Anda dapat terlihat lebih elegan.

Dekorasi desain rumah semakin indah dan menawan dengan batu alam. Memiliki rumah Anda bernuansa kayu memang sangat indah dan membuat kita merasa nyaman. Akan tetapi, kita juga harus mengurangi penggunaan kayu dan menggantinya dengan batu alam yang senada dengan kayu.

Desain rumah akan semakin indah dengan batu alam yang digunakan untuk pagar rumah. Terlebih lagi jika rumah Anda sudah terlanjur dibangun, namun Anda masih ingin menggunakan batuan alam tanpa harus mengusik dekorasi rumah Anda. Agar warnanya tidak kontras, pilihlah warna cat atau warna batu yang cocok satu sama lain.

Kelebihan Batu Alam untuk Pembangunan Rumah

Kelebihan batu alam yang pertama adalah mampu memberikan kesan natural, elegan dan mewah. Rumah yang dilapisi batu alam dengan maksimal tentunya tampilan rumah akan terlihat sangat alami dan menunjang tema rumah yang tradisional. Batu alam juga akan menambah nilai estetika rumah sehingga rumah terlihat elegan dan mewah sekalipun berukuran minimalis.

Yang kedua, batu alam bebas dari lumut dan jamur. Seperti yang telah Anda ketahui lumut dan jamur adalah masalah klasik yang dapat menggangu keindahan rumah anda Berbeda dengan keramik maupun marmer, batu alam cenderung terhindar dari lumut dan jamur sehingga desain rumah semakin indah dan menawan dengan batu alam.

Ketiga, batu alam tidak perlu di terlalu sering dirawat. Batu alam sebagai material utama dalam mendesain rumah tidak memerlukan proses perawatan. Hal ini dikarenakan batu alam memiliki warna yang indah yang alami sehingga tidak perlu melakukan perawatan terlalu sering.

Yang terakhir, ukuran batuan alami fleksibel dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Batu alam memiliki berbagai macam ukuran dari yang berukuran kecil hingga besar dan dengan bentuk yang bermacam-macam. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan bagi Anda karena Anda dapat mendesain sesuai dengan selera Anda dan tidak monoton.

Jenis Batu Alam yang Paling Sering Digunakan

Selain memiliki berbagai macam warna, ukuran, dan bentuk, seperti yang Anda ketahui, batu alam juga memiliki berbagai jenis. Oleh karena itu, agar desain rumah semakin indah dan menawan, dalam memilih batu alam untuk hunian, Anda perlu mempelajari tiga jenis batuan alam ini agar Anda tidak salah pilih.

  1. Batu Andesit

Salah satu jenis batu alam dinding paling populer, batu andesit merupakan jenis batu yang terbentuk dari bahan vulkanik atau bekuan lava. Batu Andesit sendiri memiliki tekstur yang keras dan padat serta warna abu kegelapan yang indah. Desain rumah semakin indah dan menawan dengan batu alam jenis ini.

  1. Batu Putih Cacing

Berasal yang berasal dari Cirebon ini merupakan jenis batu alam sandstone. Batu alam yang satu ini terbentuk dari butiran-butiran pasir yang mengeras dengan tekstur padat dan keras. Batu ini cocok diterapkan pada hunian dengan tema minimalis karena warnanya yang identik dengan konsep minimalis, yaitu berwarna putih dengan corak halus hitam.

  1. Batu Candi

Sesuai dengan namanya, batu ini memang merupakan bahan dasar dari pembuatan candi atau stupa sejak dulu kala. Meskipun begitu, batu alam ini banyak diterapkan pada eksterior maupun interior rumah. Salah satu alasan utamanya adalah harganya yang relatif lebih terjangkau dan warna gelap kehitaman yang memberikan nuansa sejuk.

Inspirasi Desain Rumah dengan Batu Alam

Selain karena material batu alam mudah didapatkan, batu alam cocok dengan iklim tropis di Indonesia dan tentunya desain rumah semakin indah dan menawan dengan batu alam. Apabila Anda tertarik menerapkan material batu alam pada hunian Anda, terlebih dahulu Anda dapat melihat beberapa desain rumah dengan material batu alam berikut ini.

  1. Rumah Batu Alam Khas Bali

Layaknya desain elegan ala rumah Bali, desain rumah batu alam dapat menghadirkan kesan hunian yang mewah dan modern. Terlebih lagi, dengan adanya nuansa Bali tentunya akan membuat Anda serasa berlibur setiap hari, bukan? Untuk dapat menambah kesan pulau dewata pada hunian, Anda dapat menambahkan ukiran pada hunian Anda.

  1. Rumah Batu Alam dengan Fasad Mengilap

Desain rumah semakin indah dan menawan dengan batu alam fasad mengkilap. Rumah batu alam ini menggunakan batu alam yang dilapisi oleh cairan asam dengan tekstur kasar dan permukaan mengilap atau batu alam yang dipoles sehingga permukaannya halus dan licin. Tidak seperti desain rumah batu alam lainnya yang menonjolkan kesan tidak teratur, desain rumah ini lebih terkesan rapi, tertata, dan bersih.

  1. Rumah Batu Alam dengan Dominasi Warna Putih

Pada umumnya, pemilihan warna putih bertujuan untuk menciptakan kesan bersih dan luas pada suatu hunian serta nyaman untuk relaksasi. Batu alam yang digunakan pada desain rumah ini biasanya berwarna krem dan putih. Agar desain rumah ini terkesan membosankan, pada umumnya akan ditambahkan warna lain seperti pada pintu maupun jendela.

Nah, itu semua merupakan beberapa contoh rumah batu alam paling keren yang dapat menjadi inspirasi Anda. Jadi, bagaimana? Apakah Anda setuju bahwa desain rumah semakin indah dan menawan dengan batu alam dan tertarik untuk menerapkannya pada hunian Anda?

 

Kontak dan Pemesanan:

ARTHA CANDI BANGKID – Pusat Kerajinan Batu Alam, Salam, Magelang Jawa Tengah

Alamat kami : Dusun Waru RT 2 RW 12 Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang

Telepon / SMS : 087839969995 atau +6285600009995

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *